12-
وعن
أبي عبد الرحمن عبد
الله بن
عمر بن الخطاب، رضي الله عنهما قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه
وسلم
يقول:
" انطلق ثلاثة نفر ممن كان قبلكم حتى آواهم المبيت إلى غار فدخلوه،
فانحدرت
صخرة من الجبل فسدت عليهم الغار، فقالوا: إنه لا ينجيكم من هذه
الصخرة
إلا أن
تدعوا الله بصالح أعمالكم. قال رجل منهم: اللهم كان لي أبوان شيخان
كبيران،
وكنت لا أغبق قبلهما أهلاً ولا مالاً. فنأى بى طلب الشجر يوماً فلم
أرح
عليهما
حتى ناما فحلبت لهما غبوقهما فوجدتهما نائمين فكرهت أن أوقظهما وأن
أغبق
قبلهما
أهلاً أو مالاً، فلبثت- والقدح على يدى- أنتظر استيقاظهما حتى برق
الفجر
والصبية
يتضاغون عند قدمى- فاستيقظا فشربا غبوقهما. اللهم إن كنت فعلت ذلك
ابتغاء
وجهك
ففرج عنا ما نحن فيه من هذه الصخرة، فانفرجت شيئاً لا يستطيعون الخروج
منه.
قال
الآخر: اللهم إنه كانت لي ابنة عم كانت أحب الناس إلىّ " وفى
رواية:
"كنت
أحبها كأشد ما يحب الرجال النساء، فأردتها على نفسها فامتنعت منى حتى
ألمّت
بها سنة
من السنين فجاءتنى فأعطيتها عشرين ومائة دينار على أن تخلى بينى وبين
نفسها
ففعلت،
حتى إذا قدرت عليها" وفى رواية: "فلما قعدت بين رجليها، قالت:
اتق
الله
ولا تفض الخاتم إلا بحقه، فانصرفت عنها وهى أحب الناس إلى وتركت الذهب
الذى
أعطيتها،
اللهم إن كنت فعلت ذلك ابتغاء وجهك فافرج عنا ما نحن فيه، فانفرجت
الصخرة
غير
أنهم لا يستطيعون الخروج منها. وقال الثالث: اللهم استأجرت أجراء
وأعطيتهم
أجرهم
غير رجل واحد ترك الذى له وذهب، فثمرت أجره حتى كثرت منه الأموال، فجاءنى
بعد
حين
فقال: يا عبد الله أدّ إلى أجرى، فقلت: كل ما ترى من أجرك: من
الإبل
والبقر
والغنم والرقيق. فقال: يا عبد الله لا تستهزئ بى! فقلت: لا
أستهزئ
بك،
فأخذه كله فاستاقه فلم يترك منه شيئاً، اللهم إن كنتُ فعلت ذلك ابتغاء
وجهك
فافرج
عنا ما نحن فيه، فانفرجت الصخرة فخرجوا يمشون"
((متفق
عليه)).
12. Dari Abu Abdur Rahman, iaitu Abdullah
bin Umar bin al-Khaththab radhiallahu 'anhuma, katanya: Saya mendengar
Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Ada tiga orang dari golongan orang-orang
sebelummu sama berangkat berpergian, sehingga terpaksalah untuk menempati sebuah
gua guna bermalam, kemudian merekapun memasukinya. Tiba-tiba jatuhlah sebuah
batu besar dari gunung lalu menutup gua itu atas mereka. Mereka berkata
bahawasanya tidak ada yang dapat menyelamatkan engkau semua dari batu besar ini
melainkan jikalau engkau semua berdoa kepada Allah Ta'ala dengan menyebutkan
perbuatanmu yang baik-baik.
Seorang dari mereka itu berkata: "Ya Allah.
Saya mempunyai dua orang tua yang sudah tua-tua serta lanjut usianya dan saya
tidak pernah memberi minum kepada siapapun sebelum keduanya itu, baik kepada
keluarga ataupun hamba sahaya. Kemudian pada suatu hari amat jauhlah saya
mencari kayu - yang dimaksud daun-daunan untuk makanan ternak. Saya belum lagi
pulang pada kedua orang tua itu sampai mereka tertidur. Selanjutnya saya pun
terus memerah minuman untuk keduanya itu dan keduanya saya temui telah tidur.
Saya enggan untuk membangunkan mereka ataupun memberikan minuman kepada
seseorang sebelum keduanya, baik pada keluarga atau hamba sahaya. Seterusnya
saya tetap dalam keadaan menantikan bangun mereka itu terus-menerus dan gelas
itu tetap pula di tangan saya, sehingga fajarpun menyingsinglah, Anak-anak kecil
sama menangis kerana kelaparan dan mereka ini ada di dekat kedua kaki saya.
Selanjutnya setelah keduanya bangun lalu mereka minum minumannya. Ya Allah,
jikalau saya mengerjakan yang sedemikian itu dengan niat benar-benar
mengharapkan keredhaanMu, maka lapanglah kesukaran yang sedang kita hadapi dari
batu besar yang menutup ini." Batu besar itu tiba-tiba membuka sedikit, tetapi
mereka belum lagi dapat keluar dari gua.
Yang lain berkata: "Ya Allah, sesungguhnya
saya mempunyai seorang anak bapa saudara yang wanita - jadi sepupu wanita - yang
merupakan orang yang tercinta bagiku dari sekalian manusia - dalam sebuah
riwayat disebutkan: Saya mencintainya sebagai kecintaan orang-orang lelaki yang
amat sangat kepada wanita - kemudian saya menginginkan dirinya, tetapi ia
menolak kehendakku itu, sehingga pada suatu tahun ia memperolehi kesukaran.
lapun mendatangi tempatku, lalu saya memberikan seratus dua puluh dinar padanya
dengan syarat ia suka menyendiri antara tubuhnya dan antara tubuhku -maksudnya
suka dikumpuli dalam seketiduran. Ia berjanji sedemikian itu. Setelah saya dapat
menguasai dirinya - dalam sebuah riwayat lain disebutkan: Setelah saya dapat
duduk di antara kedua kakinya - sepupuku itu lalu berkata: "Takutlah engkau pada
Allah dan jangan membuka cincin - maksudnya cincin di sini adalah kemaluan, maka
maksudnya ialah jangan melenyapkan kegadisanku ini - melainkan dengan haknya -
yakni dengan perkahwinan yang sah -, lalu saya pun meninggalkannya, sedangkan ia
adalah yang amat tercinta bagiku dari seluruh manusia dan emas yang saya berikan
itu saya biarkan dimilikinya. Ya Allah, jikalau saya mengerjakan yang sedemikian
dengan niat untuk mengharapkan keredhaanMu, maka lapangkanlah kesukaran yang
sedang kita hadapi ini." Batu besar itu kemudian membuka lagi, hanya saja mereka
masih juga belum dapat keluar dari dalamnya.
Orang yang ketiga lalu berkata: "Ya Allah,
saya mengupah beberapa kaum buruh dan semuanya telah kuberikan upahnya
masing-masing, kecuali seorang lelaki. Ia meninggalkan upahnya dan terus pergi.
Upahnya itu saya perkembangkan sehingga bertambah banyaklah hartanya tadi.
Sesudah beberapa waktu, pada suatu hari ia mendatangi saya, kemudian berkata:
Hai hamba Allah, tunaikanlah sekarang upahku yang dulu itu. Saya berkata: Semua
yang engkau lihat ini adalah berasal dari hasil upahmu itu, baik yang berupa
unta, lembu dan kambing dan juga hamba sahaya. Ia berkata: Hai hamba Allah,
janganlah engkau memperolok-olokkan aku. Saya menjawab: Saya tidak
memperolok-olokkan engkau. Kemudian orang itu pun mengambil segala yang
dimilikinya. Semua digiring dan tidak seekorpun yang ditinggalkan. Ya Allah,
jikalau saya mengerjakan yang sedemikian ini dengan niat mengharapkan
keredhaanMu, maka lapangkanlah kita dari kesukaran yang sedang kita hadapi ini."
Batu besar itu lalu membuka lagi dan mereka pun keluar dari gua itu. (Muttafaq
'alaih)
Keterangan:
Ada beberapa kandungan yang penting-penting
dalam Hadis di atas, iaitu:
(a) Kita disunnahkan
berdoa kepada Allah di kala kita sedang dalam keadaan
yang sulit, misalnya
mendapatkan malapetaka, kekurangan rezeki dalam kehidupan,
sedang sakit dan lain-lain.
(b) Kita disunnahkan
bertawassul dengan amal perbuatan kita sendiri yang shalih, agar kesulitan itu
segera lenyap dan diganti dengan kelapangan oleh Allah Ta'ala. Bertawassul
ertinya membuat perantaraan dengan amal shalih itu, agar permohonan kita
dikabulkan olehNya. Bertawassul dengan cara seperti ini tidak ada seorang
ulamapun yang tidak membolehkan. Jadi beliau-beliau itu sependapat tentang
bolehnya.
Juga tidak diperselisihkan oleh para
alim-ulama perihal bolehnya bertawassul dengan orang shalih yang masih hidup,
sebagaimana yang dilakukan oleh Sayidina Umar r.a. dengan bertawassul kepada
Sayidina Abbas, agar hujan segera diturunkan.
Yang diperselisihkan ialah jikalau kita
bertawassul dengan orang-orang shalih yang sudah wafat, maksudnya kita
memohonkan sesuatu kepada Allah Ta'ala dengan perantaraan beliau-beliau yang
sudah di dalam kubur agar ikut membantu memohonkan supaya doa kita dikabulkan.
Sebahagian alim-ulama ada yang membolehkan dan sebahagian lagi tidak
membolehkan.
Jadi bukan orang-orang shalih itu yang
dimohoni, tetapi yang dimohoni tetap Allah Ta'ala jua, tetapi beliau-beliau
dimohon untuk ikut membantu mendoakan saja. Kalau yang dimohoni itu orang-orang
yang sudah mati, sekalipun bagaimana juga shalihnya, semua alim-ulama Islam
sependapat bahawa perbuatan sedemikian itu haram hukumnya. Sebab hal itu
termasuk syirik atau menyekutukan sesuatu dengan Allah Ta'ala yang Maha Kuasa
Mengabulkan segala permohonan.
Namun demikian hal-hal seperti di atas hanya
merupakan soal-soal furu'iyah (bukan akidah pokok), maka jangan hendaknya
menyebabkan retaknya persatuan kita kaum Muslimin.
0 comments:
Post a Comment